Yang Menarik :

Kamis, 29 September 2011

Lindungi Template Blogger dari Pembajak Template


Apakah Anda pengguna Platform Blogger? Apakah template Anda pernah dicopy orang lain/diambil sebagian desainnya tanpa seizin Anda? mereka memang menyebalkan, tapi Anda tidak dapat menyalahkan mereka, karena itulah kelemahan dari template blogger,sangat mudah dicopy dan diambil.

Berikut Alasan beserta cara menanggulangi pencurian desain template blogger :

Source Code template Blogger sangat mudah dicopy paste, apalagi bagian CSSMengapa demikian? coba buka Page Source template Blog Anda dengan menekan CTRL + U, Copy dan paste ke notepad, kode CSS Antara Kode
<b:skin><![CDATA[/*
.....dan....
]]></b:skin>
Kemudian masuk ke akun Blogger Anda, klik bagian edit HTML dan perhatikan kode CSS diantara Kode
<b:skin><![CDATA[/*
.....dan....
]]></b:skin>
 Keduanya sama persis bukan? padahal kode CSS berperan penting dalam mengatur tampilan Blog Anda, hanya tinggal menyesuaikan dengan HTML dari template, maka hampir 100% tampilan Blog anda akan terbajak.
Saran saya, compress kode CSS template Blog Anda, jika Anda belum mengetahui caranya, silahkan kunjungi cara compress kode CSS di Blog. Memang, Page Source Anda masih dapat dilihat dan dicopy, tapi dengan hal ini, tangan - tangan tak berhak yang mengcopy kode CSS blog Anda pasti kesulitan dalam mengedit kode CSS tersebut.
Selanjutnya, adalah bagian javascript di Blog. Loh loh, kok bagian javascript juga? iya, memang bagian javascript sangatlah mudah dicopy, apalagi javascript juga berperan penting dalam mengatur tampilan Blog dan juga dengan javascript kita lebih leluasa dalam mendesain Blog/Memperindah Blog.
Kode javascript berada dibagian :
]]></b:skin>
...dan...
</head>
Bila diamati dengan kode javascript yang ada dibagian edit HTML template Anda, pasti juga sama persis kan?
Nah, untuk sedikit memperkecil kemungkinan diambilnya Kode javascript template Blog Anda, Anda dapat memindahkannya ke notepad, kemudian simpan dengan ekstensi .js, dan upload ke Google Code.
 Kenapa di Google Code? Kita tau, bahwa  Blogger.com adalah layanan milik Google, jika kita simpan pada Google itu sendiri, pastinya akan lebih mempercepat loading Blog. Jika Anda masih bingung dengan hal ini, Anda dapat menuju ke artikel Cara Upload File Di Google Code Untuk Mempercepat Loading Blog.

Memang adanya pembajak template tidak dapat di hapuskan, tapi penulis berharap dengan artikel Lindungi Template Blogger dari Pembajak Template ini, dapat menambah keamanan Template Anda dan dapat mengurangi Pembajakan Template.
Lindungi Template Blogger dari Pembajak Template
Ditulis Oleh:
Doedja
Rating: 5
Terima kasih telah membaca! Bila Anda ingin copy paste artikel ini, silakan izin terlebih dahulu pada penulis, serta jangan lupa untuk menyertakan link sumbernya. Blogger Indonesia punya etika kan? Salam Blogger Indonesia!.


Tidak ada komentar:

Tinggalkan komentar Anda

 

DATA

Tentang Penulis

Al Kautsar adalah seorang Pelajar yang duduk di kelas 2 Madrasah Aliyah Negeri di daerah Tulungagung. Mulai Blogging sejak tahun 2010 hingga sekarang.Saat ini

Followers